Pengaruh Mpdel Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 11 Sulabesi Tengah
Abstract
Abstrak. Team Games Tournament (TGT) merupakan model pembelajaran dengan siswa belajar secara berkelompok. Team Games Tournament (TGT) sangat mudah diterapkan dikalangan siswa dimana model ini menekankan pada keaktifan dan kerjasama seluruh siswa. Model ini mampu melibatkan aktivitas seluruh siswa dengan mengandung unsur permainan, Penelitian ini merupakan Quasi Ekperimen dengan subjek penelitian sebanyak 40 siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa Berdasarkan hasil uji pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) di peroleh nilai signifikansi motivasi awal 0,589 ≥ 0,005 dan motivasi akhir 0,004 ≤ 0,005 sedangkan model pembelajaran ceramah motivasi awal 0,429 ≥ 0,005 dan motivasi akhir 0,600 ≤ 0,005 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap motivasi siswa kelas X SMA Negeri 11 Sulabesi Tengah.
Downloads
References
A yuliana dewi, 2019, pengaruh kepemimpinan guru dan kemampuan berkomunikasi guru di kelas terhadap motivasi belajar motivasi belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas XI IIS MAN-SEKOTA TASIKMALAYA. Diakses pada tanggal 28 agustus 2019 melalui: http://repositori.unsil.ac.id/618/
Beatus Mendelson Laka, Jemmi Burdam, Elizabet Kafiar, 2020, role of parents in improving geography learning motivation in immanuel agung samofa high school. Vol 1 no 2 Diakses pada juli 2020 melalui: https://stp-mataram.e-journal.id/JIP/article/download/5.1/45.
Rafika rahmawati, 2018, Teams Games Tournament (TGT) sebagai strategi mengaktifkan kelas dengan mahasiswa yang mengalami hambatan komunikasi, diakses melalui: https://journal.uny.ac.id/index.php/jpk/article/download/25169/12169.
Zulfa Setiawan, Hari Anna Lastya, Sadrina, 2021, Penerapan TGT (Team Games Tournament) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik di Kelas X Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMKN 2 Sigli. Vol 5 no 2 di akses pada tanggal 30 november 2021 melalui: https://journal.uny.ac.id/index.php/jee
Sussana, 2017, penerapan teams games tournament (tgt) melalui media kartu domino pada materi minyak bumi siswa kelas xi man 4 aceh besar, Vol 5 no 2 di akses melalui: https://ar-raniry.ac.id/index.php/lantanida/article/download/2832/2067.
Anggiat sihombing, 2018, upaya peningkatkan motivasi belajar siswa pada kompetensi dasar menggambar kontruksi penutup atap banugunan gedung melalui metode tanya jawab di kelas XI SMK NEGERI 5 MEDAN Tahun ajaran 2016/2017 diakses melalui: https://media.neliti.com/media/publications/290764-upaya-peningkatan-motivasi-belajar-siswa-36755907.pdf
Sintia anggraini, sukartono, 2022, upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik di sekolah dasar. Vol 6 no 3 jurnal basicedu diakses melalui: https://media.neliti.com/media/publications/451000-none-6386c103.pdf
Maryam muahmmad, 2016, pengaruh motivasi dalam belajar. Vol 4 no 2 lantanida journal, diakses melalui: https://media.neliti.com/media/publications/287678-pengaruh-motivasi-dalam-pembelajaran-dc0dd462.pdf
Sitti nurhalizah, 2020, pengaruh motivasi belajar dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi keuanagan kelas XI kompetensi keahlian akuntansi di smk negeri 1 makassar, di akses melalui: https://eprints.unm.ac.id/18108/
Putri wulandari, 2019, upaya meningkatkan motivasi bealajar siswa pada pembelajaran tematik berbasis online siswa kelas IV di sdn larangan 11, di akses melalui https://repository.uinjkt.ac.id