PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TAEM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOOGNITIF SISWA KELAS III SMP NEGERI 2 SATAP SULABESI TIMUR KABUPATEN KEPULAUAN SULA

  • Sumarni Koroy, Ermin, M. Hidayat Isdik Kie Raha Maluku Utara
Keywords: Kata Kunci: STAD, Hasil Belajar

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan Model Pembelajaran Student Taem Achievement Division (Stad) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Koognitif Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Satap Sulabesi Timur Kabupaten Kepulauan Sula. Penelitian ini adalah tindakan kelas (PTK) setiap kelompok mempunyai empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data yang diperoleh memulai penelitian ini dikumpulkan dan secara kuantitatif, sedangkan yang digunakan dalam penelitian ini meliputi lembar pembelajaran, lembar aktifitas siswa dan hasil belajar koognitif siswa tiap kelompok. Hasil belajar koognitif siswa dapat tercapai jika siswa dapat mencapai ketuntasan > 80% dalam belajar pada setiap tujuan pembelajaran. Berdasarkan hasil belajar koognitif siswa menunjukan bahwa kemampuan hasil tes diagnostic dimana setiap siswa kelompok terdiri dari 4-5 orang. Memberikan LKS yang telah disiapkan oleh peneliti kepada setiap kelomppok mencapai 74,4 % tergolong baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Humairah, N. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Berbantuan Macromedia Flash Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa SMA IT Jabal Noor. Pros. SemNas. Peningkatan Mutu Pendidikan, 1(1), 244–249. http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/16511.
Esminarto, E., Sukowati, S., Suryowati, N., & Anam, K. (2016). Implementasi model STAD dalam meningkatkan hasil belajar siwa. BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual,
Kusumawardani, N., Siswanto, J., & Purnamasari, V. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Media Poster Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(2), 170-174. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i2.15487.
Kristin, F. (2016). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Ditinjau Dari Hasil Belajar IPS Siswa Kelas 4 SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(2), 74-79. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i2.p74- 79.
Suriyanto, D., Taufik, L., & Mubarak, S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar Materi Asam Basa. Spin Jurnal Kimia & Pendidikan Kimia, 2(2), 132–145. https://doi.org/10.20414/spin.v2i2.2696.
Sahara, S., Kurniasih, D., & Kurniawan, R. A. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Daya Ingat Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Hidrolisis Garam Kelas XI IPA Kemala Bhayangkari 1 Sungai Raya. AR-RAZI Jurnal Ilmiah, 5(1), 111-118. https://doi.org/10.29406/arz.v5i1.657.
Ermin, 2021. Pengaruh Model Pembelajaran STAD terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Multietnis di SMP Negeri Kota Ternate. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan. Vol 7. No. 8. Hal. 35-44. http://jurnal.peneliti.net/index.php/JIWP/article/view/118.
Published
2024-11-24