Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 55 Halmahera Selatan
Abstract
Abstrak. Discovery Learning adalah teori belajar yang didefenisikan sebagai proses pembelajaran yang terjadi bila pelajar tidak disajikan dengan pelajaran dalam bentuk finalnya, tetapi diharapkan mengorganisasikan sendiri. discovery learning merupakan proses pembelajaran yang tidak diberikan oleh guru secara keseluruhan namun melibatkan siswa untuk mengorganisasi, mengembangkan pengetahuan dan keterampilan untuk pemecahan masalah. Hasil survey yang dilaksanakan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 55 Halmahera Selatan pada mata pelajaran biologi menunjukkan bahwa, kurangnya keterlibatan siswa dalam melaksanakan pembelajaran. Hal ini disebabkan karena siswa tidak terbiasa belajar menggunakan model pembelajaran yang menuntut siswa untuk aktif di dalam kelas. Proses pembelajaran yang diberikan oleh guru lebih mengarah pada ceramah, selain itu juga ketersediaan buku ajar biologi sangat kurang yang mengakibatkan pembelajaran lebih mengarah kepada guru dari pada siswa. Nilai rata-rata mata pelajaran biologi yang di dapat oleh siswa yaitu 65 dari 25 siswa, 10 siswa memperoleh nilai di atas KKM dan 15 siswa yang memperoleh nilai di bawah KKM.
Downloads
References
Wardiansyah, A, (2018). Peranan Sumber Daya Pendidikan Sebagai Faktor Penentuan Dalam Manajemen Sistem Pendidikan.Cakrawala, 18 (2), 229-234, Retrieved from doi: https://doi.org/10.31294/jc.v18i2
Sujana, I. W. C (2019). Fungsi dan tujuan pendidikan Indonesia.Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29-39. Doi http://dx.doi.org/10.25078/aw.v4i1.927
Masril, (2020). Implementasi Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Kurikulum 2013 Di SMK Negeri 2 Padang. Konstruktivisme: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 12 (1), 12-25,
Masril, (2020), Analisis Jender Inteligence Terhadap Kreaktifitas. Edukasi: Jurnal Pendidikan.
Widiasworo, (2018). Strategi Pembelajaran Edutainment Berbasis Karakter. Yogyakarta: Ar- Ruzz Media.
Dakhi, 2020. “ Peningkatan Hasil Belajar Siswa”Jurnal Pendidikan Indonesia 1(3): 350-61.
Dakhi, O. (2022), Implementasi Model Pembelajaran Coperative Problem Solving Untuk meningkatkan Keaktifan dan Prestasi Belajar. Educativo: Jurnal Pendidikan.
Aspi, M., & Syahrani, S. (2022). Profesional guru dalam menghadapi tantangan perkembangan teknologi pendidikan. Adiba: Journal of Education, 2(1), 64-73.
Pahleviannur, Muhammad Rizal, et al. Penelitian Tindakan Kelas. Pradina Pustaka, 2022.