Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 55 Halmahera Selatan
Abstract
Abstrak: Penerapan model pembelajaran koperatif (Cooperative Learning ) tipe Student Teams Achievement Division (STAD) untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X pada mata pelajaran biologi SMK BPD Tomara.Penelitian ini bertujuan bertujuan untuk mengetahui Penerapan model pembelajaran koperatif (Cooperative Learning ) tipe Student Teams Achievement Division (STAD) untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X pada mata pelajaran biologi SMK BPD Tomara. Penelitian ini merupakan penelitian tindaka kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas X SMK BPD Tomara yang berjumlah 12 siswa. Teknik pengumpulan data adalah observasi dan mengajar langsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan motifasi belajar siswa. Berdasarkan hasil dan pembahasan dapat di simpulkan bahwa penerapan model pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Devision) dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X pada mata pelajaran Biologi.STAD Motivasi Belajar
Downloads
References
Husnul Khaatimah Dan Restu Wibawa. (2017). Efektifitas Model Pembelajaran Cooperative Integrate Reading And Composition Terhadap Hasil Belajar, Jurnal Teknologi Pendidikan, Vol 2 No 2.
Innayah Wulandari. (2022) Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dalam Pembelajaran MI, Jurnal Papeda, Vol 4 No 1.
Ismuin Ali. (2021). Pengembangan Kooperatif (Cooperative Learning) Dalam Pengembangan Sikap, Jurnal Mutahidin, Vol 7 No 1.
Mansur S. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Ekosistem Di Smka Negeri 2 Malimera. Jurnal Al-Muta’aliya Stai Darul Kamal.Vol 1:1.
Munawir. (2018) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dalam Meningkatkanm Motivasi Peserta Didik Pada Materi Dunia Tumbuhan Di SMA Negeri 2Sigli, Seminal Nasional Biotik, Vol 6 No 1.
Ricardo, Rini I.M. (2017). Impak Minat Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa, Jurnal Pendidikan Menejemen Perkantoran, Vol 2 No 2.
Sunarti Rahman. (2018). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar, Seminar Nasional Pendidikan Dasar, Vol 2 No 8.
Waris. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dalam Pembelajaran Biologi Kelas XI SMA Negeri Tamanan Bondowoso, Jurnal Biologi Dan Konservasi, Vol 4 No 2.
Zutfatuh Muhammad. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Kelas V Di SDN Bengkuli.