Login or Register to make a submission.

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.
  • Artikel harus orisinil dan bebas dari berbagai bentuk penjiplakan.
  • Artikel belum pernah dan tidak sedang di-submit ke jurnal yang lain atau tidak akan memposting atau dipublikasikan melalui media lainnya sebelum adanya keputusan dari pihak jurnal.
  • File dikirim dalam format Microsoft Office Word.
  • Semua sumber yang dikutip telah terdapat dalam bagian daftar pustaka.

Author Guidelines

Sebagai salah satu bagian dari proses submisi artikel, para penulis diwajibkan untuk memeriksa artikel mereka agar dapat memenuhi syarat-syarat di bawah ini. Artikel yang tidak memenuhi syarat tidak akan dipertimbangkan untuk pemrosesan.

  1. Artikel sebaiknya berisi antara 5000-7000 kata atau antara 14-17 halaman yang diketik dengan spasi 1 dan diikutkan dengan abstrak yang tidak melebihi 300 kata.
  2. Abstrak harus meliputi latar belakang, tujuan penulisan, metode, temuan, serta kesimpulan.
  3. Di bawah abstrak harus terdapat sekurang-kurangnya 3 (tiga) kata kunci (keywords) yang dipisahkan dengan koma.
  4. Isi artikel harus terdiri atas bagian-bagian sebagaimana yang disebutkan di bawah.
  5. Artikel harus disertakan dengan kurikulum vita singkat dari penulis (para penulis) dan tidak melebihi 80 kata.

Bagian-Bagian dalam badan artikel:

  1. Judul: Judul diketik dengan kapital dan sebaiknya kurang dari 12 kata dan diformat tengah.
  2. Latar Belakang: Bagian ini terdiri atas paragraf-paragraf yang meliputi latar belakang penelitian atau kajian, konteks penelitian atau kajian, tinjauan pustaka, dan tujuan penelitian atau kajian. Bagian ini sebaiknya hanya mendapatkan proporsi 15-20% dari keseluruhan badan artikel.
  3. Metode: Bagian ini terdiri atas deskripsi mengenai desain penelitian, sumber data, teknik pengumpulan dan analisis data. Semua deskripsi mengenai hal tersebut ditulis dalam bentuk paragraf dan bukan dalam bentuk pointer. Ukuran bagian metode sebaiknya berkisar 10-15% dari badan artikel secara keseluruhan.
  4. Temuan dan Diskusi: Bagian ini terdiri atas deskripsi mengenai temuan dan diskusi untuk menjawab masalah atau pertanyaan penelitian serta relevansinya dengan teori-teori atau gagasan-gagasan terkini yang relevan dengan maksud dan tujuan penelitian atau kajian. Bagian ini sebaiknya berkisar 40-60% dari badan artikel secara keseluruhan.
  5. Kesimpulan: Bagian ini berisi ringkasan atau pernyataan kembali atas temuan utama dari kajian atau analisis yang ada di bagian sebelumnya. Bagian ini semestinya merupakan jawaban atas pertanyaan atau masalah penelitian.
  6. Setiap tabel yang digunakan harus hanya terdiri atas garis horisontal, diberikan nomor serta judul tabel di bagian atas tabel.
  7. Setiap sumber yang dikutip di dalam badan artikel harus tercantum di dalam referensi atau daftar pustaka.

Format Penulisan:

  1. Margin: Artikel ditulis dengan menggunakan Microsoft Office Word dengan pengaturan margin kiri dan margin atas adalah 3cm sedangkan untuk margin bawah dan margin kanan adalah 2.54 cm.
  2. Font: Artikel diketik dengan menggunakan jenis huruf Times New Roman dengan ukuran judul 14pt dan ukuran teks badan artikel 12pt.
  3. Ukuran kertas: Ukuran kertas adalah Letter atau A4.
  4. Blok kutipan: Kutipan lebih dari 2 baris yang diketik terpisah dari paragraf dengan ukuran spasi 1 dan ukuran huruf 11pt.

Penulisan kutipan dan daftar puskata:

Pengutipan sumber dan penulisan daftar pustaka harus mengikuti format atau peraturan APA sebagai berikut:

Pengutipan non-verbatim dapat ditulis dengan nama akhir dan tahun (contoh, John Dewey):

Menurut Dewey (2015), proses pendidikan pada dasarnya proses yang berkesinambungan...

Proses pendidikan pada dasarnya proses yang berkesinambungan (Dewey, 2015).

Pengutipan verbatim dapat ditulis  dengan nama akhir, tahun, dan halaman:

Menurut Dewey (2015:20), proses pendidikan pada dasarnya proses yang berkesinambungan...

Proses pendidikan pada dasarnya proses yang berkesinambungan (Dewey, 2015:20).

Daftar Pustaka yang mengikuti format APA adalah sebagai berikut:

Amalia, A. (2012).  The use of video in teaching writing procedural text: A quasi-experimental study in one of Senior High Schools in Bandung (Skripsi, Universitas Pendidikan Indonesia, 2012). Retrieved 12th January, 2012 from http://repository.upi.edu/skripsiview.php?no_skripsi=11587

Balitbang. (2008). The assessment of curriculum policies in secondary education: Assessment report. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan.

Costner, K. (Director), & Blake, M. (Writer). (1990). Dances With Wolves [Motion picture]. United States: Majestic Film/Tig Productions.

Cox, C. (1999). Teaching language arts: A student-and response-centered classroom (3th ed.). Needam Heights, MA: Allyn & Bacon.

Cramond, B. (2007). Enriching the brain? Probably not for psychologists [Review of the book Enriching the brain: How to maximize every learner’s potential]. PsycCRITIQUES, 52(4), Article 2. Retrieved from http://www.apa.org/psyccritiques/

Dorland’s illustrated medical dictionary (29th ed.). (2000). Philadelphia: Saunders.

Hunston, S. & Oakey, D. (2010). Introducing applied linguistics: Concepts and skills. New York, NY: Routledge.

Johnson, L., Lewis, K., Peters, M., Harris, Y., Moreton, G., Morgan, B. et al. (2005). How far is far? London: McMillan.

Palmer, R. (in press). A third way: online labs integrated with print materials. Indonesian Journal of Applied Linguistics.

Sklair, L. (2010). Iconic Architecture and the Culture-ideology of Consumerism. Theory Culture Society, 27(135), pp. 135-159. DOI: 10.1177/0263276410374634.

Suherdi, D. (2010). Week three: Analyzing structure [Powerpoint slides]. Unpublished manuscript, IG502, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Indonesia

Sukyadi, D. & Mardiani, R. (2011b). The washback effect of national examination (ENE) on English teachers’ classroom teaching and students’ learning. K@ta: A Biannual Publication on the Study of Language and Literature, 13(1), pp. 96-111.

Sukyadi, D. (2011). The metaphorical use of English address terms in Indonesian blog comments (A pragmatic analysis of Indonesian bloggers). Dalam Nasanius, Y. (ed.) Conference on English Studies (CONEST) 8, pp. 133-135, Jakarta: Unika Atma Jaya.

Waugh, L.R., & Monville-Burston, M. (eds.). (1990). On language: Roman Jakobson. Cambridge, MA: Harvard University Press.

Daftar pustaka harus diurut berdasarkan abjad yang dapat diatur secara otomatis pada Microsoft Office Word. Penulisan nama pertama harus disingkat menjadi inisial sedangkan nama akhir harus ditulis penuh. Contohnya, John Dewey maka penulisannya sebaiknya Dewey, J. dan bukan Dewey, John. Hal ini dilakukan agar menjaga konsistensi dalam penulisan daftar pustaka mengingat tidak semua nama penulis dalam daftar pustaka terdiri atas nama lengkap.

Privacy Statement

Nama dan alamat email yang dimasukkan ke jurnal ini akan digunakan untuk kepentingan informasi jurnal ini dan tidak akan disebarluaskan untuk kepentingan pihak yang lain.