Peroses Berpikir Siswa SMP Negri 3 Kota Ternate Dalam Menyelesaikkan Masalah Bangun Ruang
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses berpikir siswa SMP Negeri 3 Kota Ternate dalam menyelesaikan masalah bangun ruang. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian Eksploratif. Dalam penelitian ini ada beberapa hal yang di temukan oleh peneliti, sebagai berikut.
Siswa SMP Negri 3 kelas VIII E memahami masalah yang diberikan secara langsung (directly), spontan dan segera yang didukung oleh faktor feeling. Ide yang muncul dalam pikiran siswa merupakan solusi sebagai pemecahan masalah dan dapat dikaitkan dengan masalah yang dihadapi sehingga membuat keputusan untuk menghasilkan jawaban secara spontan.
Proses merencanakan pemecahan masalah matematika siswa olimpiade memikirkan usaha untuk menyelesaikan masalah yang diberikan dengan mengaitkan pemahamannya terhadap pengalaman atau pengetahuan sebelumnya, namun siswa tidak bisa menjelaskan konsep atau strategi tersebut secara merinci.
Selanjutnya, dalam melaksanakan rencana pemecahan masalah siswa menentukan skema pemecahan yang akan digunakan untuk memecahkan masalah. Siswa memunculkan ide dalam pikirannya yang sudah dikaitkan dengan pengetahuan sebelumnya sebagai suatu strategi untuk membuat keputusan sehingga menghasilkan jawaban spontan dalam melakukan pemecahan masalah.
Downloads
References
Agnafia, Desi Nuzul. "Analisis kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran biologi." Florea: Jurnal Biologi dan Pembelajarannya 6.1 (2019): 45-53.
Alifiani, Alifiani, and Siti Nurul Hasana. "Analisis proses berpikir kritis mahasiswa dalam mata kuliah persamaan diferensial dan scaffolding-nya." Jurnal Pendidikan Matematika (JPM) 6.1 (2019): 28-35.
Alifya, Age. Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Berpikir Kritis Matematika Siswa Dalam Proses Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19. Diss. 2021.
Andriyani, Retno, Hairul Saleh, and Nisvu Nanda Saputra. "Analisis Proses Berpikir Kritis Mahasiswa dalam Menyelesaikan Masalah Trigonometri." JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika 5.1 (2020): 76-8
Anugraheni, Indri. "Analisis kemampuan berpikir kritis mahasiswa dalam menyelesaikan permasalahan bilangan bulat berbasis media realistik." Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan 9.3 (2019): 276-283.
Faktafan, Mochammad Subhan, et al. "Analisis Kesalahan Mahasiswa Dalam Berpikir Kritis Untuk Memecahkan Masalah Aplikatif Kalkulus Diferensial." Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SNPM). Vol. 2. No. 1. 2022.
Fitri, Siti Fadia Nurul. "Problematika Kualitas Pendidikan di Indonesia." Jurnal Pendidikan Tambusai 5.1 (2021): 1617-1620.
Janah, Siti Riyadhotul, Hardi Suyitno, and Isnaini Rosyida. "Pentingnya literasi matematika dan berpikir kritis matematis dalam menghadapi abad ke-21." PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika. Vol. 2. 2019.
Khalid, Idham. "Berpikir Kritis dalam Pemecahan Masalah Matematika." Ar-Risalah: Jurnal Pendidikan dan Keislaman 8.1 (2021): 96-108.
Lilis, Lismaya. "Berpikir Kritis & PBL (Problem Based Learning." Surabaya: Media Sahabat Cendekia (2019).
Marudut, Masani Romauli Helena, et al. "Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran IPA melalui Pendekatan Keterampilan Proses." Jurnal Basicedu 4.3 (2020): 577-585.