Keterampilan Berpikir Kritis Matematis Siswa Ditinjau dari Gaya Kognitif Pada Materi Bangun Ruang

  • Faradila Thalib Sekolah Tinggi Teknik Atlas Nusantara
  • Suhaimi Tegamuni Sekolah Tinggi Teknik Atlas Nusantara
Keywords: Berpikir Kritis Matematis, Gaya Kognitif, Bagun Ruang

Abstract

Penelitian ini awalnya didasarkan pada minat peneliti dalam kasus yang ditemukan pada siswa ketika menyelesaikan persoalan matematika yang diberikan dalam bentuk keterampilan berpikir terhadap suatu masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pola berpikir siswa untuk menggambarkan keterampilan berpikir kritis siswa saat mereka memberikan solusi penyelesaian secara kritis terhadap sebuah masalah matematika. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dalam studi kasus yang melibatkan satu siswa sebagai subjek penelitian. Temuan menunjukkan bahwa (1) kemampuan siswa menyelesaikan masalah dengan strategi yang tepat sesuai dengan pengetahuan awalnya dengan gaya kognitif yang dimiliki oleh siswa tersebut; (2) pengalaman pribadi dari pengetahuan awal yang disimpan dalam memori jangka panjang; (3) aktivitas kebenaran dalam bernalar.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-09-27