Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Inquiri Untuk Meningkatkan Proses Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Operasi Hitung Bilangan Bulat Siswa Kelas VII SMP Negeri 47 Halmahera Selatan

Keywords: Model Pembelajaran Inquiri, Kemampuan Berpikir Kritis, Operasi Hitung, Bilangan Bulat

Abstract

Kemampuan berpikir kritis merupakan aspek yang sangat penting dalam perkembangan pendidikan saat ini. Salah satu metode pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis adalah model pembelajaran inquiri Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe inquiri untuk meningkatkan proses berpikir kritis siswa pada materi operasi bilangan bulat siswa kelas VII SMP Negeri 47 Halmahera Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif tipe eksperimen dengan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design yang menggunaakan dua kelas yaitu kelas control dan kelas eksperimen. Sampel ditentukan berdasarkan kemampuan berpikir kritis siswa, dengan siswa kelas VII A yang berjumlah 22 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas VII B yang berjumlah 22 siswa sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data melalui tes dan observasi. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat yaitu uji normallitas, uji homogenitas, uji hipotesis, dan uji data observasi.

Hasil peneltian menunjukkan model pembelajaran inquiri efektif dalam meningkatkan proses berfikir kritis siswa, kesimpulan ini dapat dilihat dari hasil perhitungan kelas VII A (kelas Kontrol) diperoleh nilai rata-rata 70,32 sementara kelas VII B (kelas Eksperimen) diperoleh nilai rata-rata adalah 78,27. Data tersebut membuktikan adanya perbedaan proses berpikir kritis antara siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran inquiri terhadap proses berpikir kritis siswa materi operasi hitung bilangan bulat kelas VII SMP Negeri 47 Halmahera Selatan berpengaruh dan terdapat perbedaan. Hal ini dibuktikan dengan adanya perbedaan rata-rata antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Rata-rata kelas eksperimen lebih besar daripada rata-rata kelas kontrol.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azisah, A, dkk. (2023). Pengaruh model pembelajaran inquiri terhadap kemampuan berpikir kritis pada peserta didik kelas V sekolah dasar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(3), 1439–1446. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i3.1572

Eli Handayanti, (2023). Efektivitas model pembelajaran inquiry terhadap keterampilan berpikir kritis ipa siswa kelas v sdn pandean lamper 05 semarang. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(4), 129–140.

Erlynda, Surahman, E., & Putra, R. R. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 7E Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Konsep Pencemaran Lingkungan Di Kelas VII SMP Negeri 2 Kota Tasikmalaya. Bioma: Jurnal Ilmiah Biologi, 7(2), 140–152. https://doi.org/10.26877/bioma.v7i2.2800

Fauzan A., Dr. Anggoro, B.S, M.Pd., Putra R.W.Y, M.Pd. (2022). Modul Operasi Hitung Bilangan Bulat Kelas VII SMP.

Febriani, N., dkk. (2023). Pengaruh model pembelajaran inquiri dengan media realia terhadap literasi sains anak usia 4-5 tahun. JIEEC (Journal of Islamic Education for Early Childhood), 5(2), 1-13.

Fitriya, D., dkk. (2022). Analisis keterampilan berpikir kritis siswa sekolah dasar pada pembelajaran matematika kurikulum 2013. Journal Scientific Of Mandalika (JSM), 3(5), 362–366.

Hidayat, A., Sa’dijah, C., & Sulandra, I. M. (2019). Proses Berpikir Siswa Field Dependent dalam Menyelesaikan Masalah Geometri Berdasarkan Tahapan Polya. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(7), 923.

http://journalfkipunipa.org/index.php/jhm/article/view/68

Isrok’atun, A. R. (2019). Model-Model Pembelajaran Matematika. Bumi Aksara, Jakarta.

Kaharuddin, A., & Hajeniati, N. (2020). Pembelajaran Inovatif & Variatif. Pusaka Almaida, Makassar

Rusdyi, R., Saleh, R. R., & Nur, I. M. (2023). Proses Berpikir Kreatif Siswa Berkepribadian Adversity Quotient dalam Menyelesaikan Masalah Open-Ended Ditinjau dari Teori Pemrosesan Informasi. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 13(3), 851-862.

Samura, A. O., & Habsyi, R. (2023). Application of the Blended Learning Model to Improve the Mathematical Creative Thinking Skills of GeoGebra-Assisted Junior High School Students in Mathematics Lessons. Application of the Blended Learning Model to Improve the Mathematical Creative Thinking Skills of GeoGebra-Assisted Junior High School Students in Mathematics Lessons, 4(2), 149-159.

Sanita, R., & Anugraheni, I. (2020). Meta analisis model pembelajaran inquiry untuk meningkatkan hasil belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 6(3), 567-577.

Sanita, R., & Anugraheni, I. (2020). Meta analisis model pembelajaran inquiry untuk meningkatkan hasil belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(3), 567-577.

Sugianto, I., Suryandari, S., & Age, L. D. (2020). Efektivitas model pembelajaran inquiri terhadap kemandirian belajar siswa di rumah. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(3), 159–170. https://doi.org/10.47492/jip.v1i3.63

Ulandari, N., dkk. (2019). Efektivitas model pembelajaran inquiry terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi teorema pythagoras. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 227–237. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i2.99

Warnasih, K., Kurniawati, R. M., & Utami, N. W. (2019). Analisis Kemampuan Berpiikir Kritis Matematis Siswa Melalaui Pembelajaran Inquiri. Journal Of Honai Math, 2(2) 103-116.

Widodo, A. (2021). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Dasar-Dasar Untuk Praktik. UPI PRESS, bandung.

Zain, U. N. I., Affandi, L. H., & Oktaviyanti, I. (2022). Pengaruh model pembelajaran inquiri terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V pada mata pelajaran IPS. Journal Of Classroom Action Research, 4(2), 71–74.

Published
2024-06-29