PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS GEOGRAFI PADA MATERI SIKLUS HIDROLOGI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 65 KABUPATEN HALMAHERA SELATAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar Geografi pada materi Siklus Hidrologi siswa kelas VII SMP Negeri 65 Kabupaten Halmahera Selatan Melalui Penerapan Model Pembelajaran Picture And Picture. Peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Picture And Picture sesuai dengan standar KKM, hasil pada siklus I dengan nilai rata-rata 62,4 dan dari 100% siswa yang berada dikelas tersebut hanya 36% yang mencapai mencapai kriteria ketuntasan minimun (KKM) sementara 64% tidak mencapainya. Hasil pada siklus II mengalami peningkatan yaitu dengan nilai rata-rata 72 maka siswa yang telah mencapai kriteria ketuntasan minimum sebanyak 72% dari semua siswa yang berada di kelas tersebut dan 28% tidak mencapainya.