PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GRUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 12 HALMAHERA SELATAN
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis peningkatan Hasil belajar matematika siswa melalui model Pembelajaran Kooperatif tipe Group Investigation. Penelitian dilaksanakan Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 12 Halmahera Selatan Tahun Ajaran 2018/2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari empat tahap, perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas, wawancara, dan tes. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa penerapan model Pembelajaran Kooperati tipe Group Investigation dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Peningkatan hasil belajar matematika siswa terlihat dari persentase pada siklus I sebesar 62%, yaitu meliputi aktivitas visual 66%, aktivitas menulis 64%, aktivitas oral 60% aktivitas mental 56%, dan aktivitas emosional 70%. Pada siklus II meningkat menjadi 76% yang meliputi aktivitas visual 76,67%, aktivitas menulis 73,33%, aktivitas oral 76,67%, aktivitas mental 73,33%, dan aktivitas emosional 80%.