DEVELOPMENT OF MULTICULTURAL-BASED STUDENT WORKSHEETS (LKPD) ON THE CRITICAL THINKING ABILITY OF MULTI-ETHNIC STUDENTS IN CLASS X OF SMA NEGERI 3 TERNATE CITY
Abstract
ABSTRAK: Tujuan Penelitian adalah untuk mengetahui pengembangan serta pengaruh produk Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Multikultural terhadap kemampuan berfikir kritis peserta didik multietnis kelas X. Jenis penelitian pengembangan (research and development/ R&D ) yang dilanjutkan dengan penelitian quasi eksperimen. Hasil penelitian terkait pengaruh kelompok etnis terhadap kemampuan berfikir kritis peserta didik, hasil analisis kovariat diperoleh nilai Fhitung 5.559 dengan nilai signifikansi 0.006 karena nilai signifikansi lebih kecil dari nilai α (0,05) maka Ho ditolak. Penolakan Ho berarti hipotesis penelitian yang menyatakan bahwa etnis berpengaruh terhadap kemampuan berfikir kritis peserta didik multietnis. Hasil uji LSD menunjukkan bahwa kemampuan berfikir kritis etnis Makian berbeda nyata lebih tinggi 0,53% dari etnis Ternate dan berbeda nyata lebih tinggi 5,65% dari etnis Togale. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa kemampuan berfikir kritis etnis Makian lebih tinggi jika dibandingkan dengan etnis Ternate dan Togale. Hasil uji LSD interaksi antara Lembar Kerja Peserta Didik dan Etnis dapat dijelaskan bahwa rerata skor terkoreksi kemampuan berfikir kritis peserta didik multietnis pada Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Eksperimen Etnis Ternate berbeda 0,5% dengan eksperimen Etnis Makian; berbeda 1,58% dengan kontrol Etnis Makian; berbeda 1,60% dengan Kontrol Etnis Ternate; berbeda 0,5% dengan Eksperimen Etnis Togalese berbeda nyata lebih tinggi 6,60% jika dibandingkan dengan kontrol Etnis Togalese. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa interaksi LKPD dan etnis terhadap kemampuan berfikir kritis etnis Ternate lebih tinggi dibandingkan dengan etnis Makian dan Togale.
Downloads
Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan dan Ekonomi (JUPEK)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.