ROLE PLAYING LEARNING MODEL TO IMPROVE HIGH SCHOOL STUDENT LEARNING OUTCOMES ON NATURAL DISASTER MITIGATION MATTER
Abstract
Penelitian ini dilakukan dilatarbelakangi kerena rendahnya hasil belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 6 Kota Ternate pada materi mitigasi bencana alam, oleh karena itu hasil belajar siswa perlu ditingkatkan. Meningkatkan hasil belajar siswa salah satunya melalui penerapan model pembelajaran role playing agar siswa dapat berpartisipasi secara aktif dalam proses pembelajaran dengan memperagakan sebuah peran sesuai dengan skenario mitigasi bencana alam Gunungapi Gamalama yang telah disusun, sehingga hasil belajar siswa meningkat. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model siklus yang dilaksanakan secara berulang dan berkelanjutan yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS sebanyak 21 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan setelah menerapkan model pembelajaran role playing. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan ketuntasan belajar klasikal siswa pada siklus I sebesar 71,43% dan siklus II sebesar 90,48%. Mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 19,05%. Demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran role playing dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Downloads
Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan dan Ekonomi (JUPEK)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.