Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) Terhadap Pemahaman Konsep Fisika dalam Pembelajaran IPA SMP Negeri 5 Halmahera Selatan
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray mempengaruhi pemahaman konsep Fisika dalam pembelajaran IPA. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 5 Halmahera semester ganjil tahun ajaran 2023/2024 terdiri dari 61 peserta didik dalam tiga kelas. Sampel penelitian ini adalah 20 peserta dari kelas VIII B dan 20 peserta dari kelas VIII C yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan posttest only control group design. Data penelitian ini didapatkan melalui penerapan tes pemahaman konsep fisika dalam pelajaran IPA. Pengujian data dalam penelitian ini menggunakan uji-t. Hasilnya menunjukkan bahwa pemahaman konsep Fisika dari peserta didik yang mengikuti pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray lebih tinggi daripada peserta didik yang mendapat pembelajaran konvensional. Dari hasil dan pembahasan tersebut, disimpulkan bahwa penggunaan pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray berpengaruh terhadap pemahaman konsep Fisika dalam pelajaran IPA