Pengembangan Bahan Ajar Fisika menggunakan Software Modellus
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini ialah untuk menghasilkan produk bahan ajar fisika menggunakan software modellus yang dapat mempermudah dan memperbaiki proses pembelajaran dan untuk mengetahui pengaruh penggunaan bahan ajar fisika menggunakan software modellus terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan di- SMA Negeri 1 Ternate Kelas X. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) yang diadaptasikan dari Brog dan Gall. Model ini terbagi atas tujuh tahap yaitu perencanaan, studi eksplorasi, pengembangan bentuk awal, instrumen pengumpulan dan analisis data, validasi, revisi berdasarkan hasil validasi, dan desiminasi produk. Subjek uji coba pada penelitian dan pengembangan ini di review oleh ahli pembelajaran dan ahli media, uji kelompok kecil, uji coba lapangan atau kelompok besar, sampel diambil pada satu kelas dengan jumla peserta didik 26 orang, hasil pengujian hipotesis dibantu dengan aplikasi SPSS nilai thitung > ttabel atau 9,141 > -2,060 dan berdasarkan signifikansi < 0,05 maka H0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil belajar peserta didik yang di ajar menggunakan software modellus lebih tinggi dari pada hasil belajar peserta didik menggunakan konvensional.
Downloads
References
[online]. Tersedia: https://eprints.uns.ac.id/18436/3/BAB_II.pdf
Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
. .1993. Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek. Jakarta: Rineka Cipta
.1993. Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara
B.R Hergenhahn Mattthew H Olson. 2010. Theories of learning (teori belajar). Jakarta: Kencana
Budiningsi, Asri.C. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Asdi Mahasarya
Dasio, Muhammad. 2014. Gudang Pengertian.
[Online]. Tersedia:
http://gudangpengertian.blogspot.com/2014/10/pengertian-perangkat-lunak-secara-umum.html
Dimyati & Mudjiono. 2006. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada
Dimyati dan Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta
Haryanto, Danny. 2010. Pembelajaran Multimedia. Jakarta: Prestasi Pustakarya
Kanginan Marthen. 2013. Fisika SMA/MA Kelas X. Jakarta: Penerbit Erlangga
Nahdiyatul Rosida. 2013. Jurnal Pengembangan Bahan Ajar.
[online]. Tersedia: ejournal.unesa.ac.id/article/6038/52/article.pdf
Nana Syaodih Sukmadinata. 2003. Landasan psikologi proses pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya
Nasution. 1993. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press
Palilingan Rolles. 2014. Bentuk Langkah-Langkah Metode R&D. Program S2 Pendidikan IPA UNIMA Program Pasca Sarjana Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang Indonesia
Pressman, Roger.S. 1997. Software Engineering :A Practioner’s Approach.”4th.McGrawHill (Jurnal Pendidikan)
Purwanto, M.Ngalim. 1995. Ilmu Pendidian Teoritis dan Praktis. Bandung: PT, Remaja Rosdakarya
Rivai H.V dan Murni.S. 2010. Education Management (analisis teori dan praktik). PT : Rajagrafindo Persada
Sardiman A.M. 2009. Interaksi dan motivasi belajar. Jakarta: Radjagrafindo Persada
Slameto. 2010. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Sudjana, N. 2005. Dasar-dasar proses belajar mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo
Sunardi Dan Zenab Siti. 2014. Fisika untuk SMA/MA Kelas X. Penerbit : Yrama Widya
Supraktiknya, A. 2012. Penilaian Hasil Belajar dengan Teknik Notes. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma
Suprijono, Agus. 2008. Belajar Mengajar teori dan Praktek. Surabaya :Unesa
Suprijono, Agus. 2012. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Tasri, Lu’mu. 2011. Pengembangan bahan Ajar Berbasis Web. Malang: Jurnal Medtek, Universitas Negeri Malang
Tocharman, M. 2009. Seri Pembelajaran. Diklat/BIMTEK KTSP DIT. Pembinaan SMA: Depdiknas
Zulkarnain. 2009. Jurnal Teknik Penyusunan Bahan Ajar.
[online].Tersedia:
http://zulkarnainidiran.wordpress.com/2009/06/28/131/.[25juli2012]
Zainal. 2011. Evaluasi Pembelajaran. Bandung : Rosdakarya