Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT( Numbered Heads Together) untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri 22 Halmahera Selatan pada Konsep Gerak Lurus Beruba Beraturan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar fisika peserta didik kelas VIII SMP Negeri 22 Halmahera Selatan melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus diawali dengan tahap persiapan kemudian dilanjutkan pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitian adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 22 Halmahera Selatan Tahun Pelajaran 2017-2018. Data diperoleh melalui observasi menggunakan lembar observasi aktivitas belajar dan dianalisis secara deskriptif kualitatif.
Dari hasil penelitian dapat disimpukan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri 22 Halmahera Selatan Tahun Pelajaran 2017-2018 dalam proses pembelajaran fisika. Hal ini terlihat dari hasil prasiklus, siklus I, dan siklus II terjadi peningkatan aktivitas secara signifikan pada tiap indikator aktivitas belajar yang ditentukan. Sedangkan, presentase peserta didik yang mempunyai nilai aktivitas belajar lebih dari atau sama dengan 60 meningkat dari 64,4% pada siklus I menjadi 83,8% pada siklus II, sehingga memenuhi target yang diharapkan yaitu 75% peserta didik mempunyai nilai aktivitas belajar lebih dari atau sama dengan 60
Downloads
References
Anonim, 2010.Pembelajaran dengan beberapa model, // Blokspot. Com 2010/03 Model Pembelajaran. ( Diakses tanggal 3 Maret 2012).
Arends, 1997 dalam Arini J , 2010 Model pembelajaran Kooperatif, Jakarta edisi ke-1.
Arikunto 2002 dalam Abdullah 2008 : 17 penelitian dan sumber dalam PTK. Jakarta.
Arikunto, 2008 dalam Coresbima, Mas’ud&Sundari, 2010 Metodelogi Dalam PTK. Malang.
D’Gamma Alfarho. Mantap Kuasai Konsep Fisika SMP . Andi.Yogyakarta.2013
Hopkins ( Dalam Wiratmdja : 2008 ) Penelitian tindakan Kelas (PTK) , Jakarta.
Hasan, dkk, 1990. Faktor-faktor suatu pembelajaran, Djamban, Jakarta.
Hanafiah dan Suhana , 2009 : 41 Pembelajaran dan gaya mengajar guru. Grasindo, Jakarta.
Ibrahim, dkk, 2000 : 1 Dalam Tritanto 2010 : 67 Langkah-langkah dalam pembelajaran kooperatif, Jakarta.
Ibrahim, dkk, 2000 : 2 Kerangka dalam suatu model pembelajaran, Malang.
Ibrahim, dkk, 2000 : 28 Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT, Gajah Mada University Press. Yogyakarta.
Jhonson, 1994 Dalam Trianto 2010 : 57 Kesuksesan dalam suatu pembelajaran kooperatif. Jakarta.
Kingsley, 1990 Dalam Sudjana 2001 : 22 Hasil belajar dan macam- macam hasil belajar, Gramedia Bandung.
Kagen, 1993 Kooperatif tipe NHT ( Numbered Head Together ). Jakarta.
Kemmis dan Mc Taggart, 1988 PTK dan Cara-cara prosedur PTK, Jakarta.
Mangunwyoto Widagdo & Harjono. Pokok-Pokok Fisika SMP untuk kelas VIII.Jilid 2. Erlangga. Jakarta.2006
Purwanto, 2007 :123, Metode Instrumen dalam penelitian, Malang.
Rahayu, 2006 Pembelajaran dengan Model NHT. Jakarta.
Sudarsono, Dalam Evilia dan Salma 2004 : 5 , Model pembelajaran pada anak didik, Bandung.
Slameto, 1995 :2 , Proses belajar mengajar, Bandung.
Slavin, 1995 Dalam Triyanto, 2010 : 57 . Langkah-langkah dalam pembelajaran kooperatif, Jakarta.
Suwandi, 2010: 112 Metode penelitian dari PTK , Gramedia, Jakarta.
Triyana, 2008 Pembelajaran kooperatif NHT. UNSTRAT, Manado.
Winkel , 1996 : 2 Pengembangan kooperatif Model NHT , UI, Jakarta.