Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving terhadap hasil belajar siswa di kelas XI SMA N 3 Halmahera Timur

  • Irawati Malan
Keywords: Problem Solving, Hasil belajar

Abstract

Artikel ini meneliti tentang Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving dalam pembelajaran fisika di SMA N 3 Bicoli Halmahera Timur penelitian ini melihat ketercapaian hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian kuantitatif desain eksperimen tipe posttest pada kelompok ekuivalen.

Penelitian ini memberikan informasi Hasil yang didapat setelah semua data dianalisis  maka siswa yang diajarkan  dengan model pembelajaran problem posing memiliki perbedaan  dimana nilai rata-rata kelas eksperimen  = 83,12 dan kelas kontrol = 55,19 sehingga selisih sebesar 27,93

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aips.2008.Penerapan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah (problem posing) dalam upaya meningkatkan aktivitas bertanya siswa, (online), (http://one.indoskripsi.com/judul-skripsi/pendidikan-fisika/,
Arikunto, suharsimi.1998.Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek Jakarta: Bumi Aksara
A.Rahman Nurdin.2010.Modul Penilaian Hasil belajar Fisika.Universitas Khairun Fakultas keguruan dan ilmu pendidikan
Hamalik Oemar.2008.Kurikulum Dan Pembelajaran.Jakarta:Bumi Aksara
Hudoyo,Herman.1998.Belajar Mengajar Matematika. Jakarta : Depdikbud
Kanginan,Marthen.2006. Seribu pena Fisika untuk SMA/MA kelas XI. Jakarta: Erlangga
Makmum,syamsudin.2006.Psikologin Pendidikan.Bandung : Remaja Rosdakarya
Permendiknas No. 22 Tahun 2006 tentang standar isi
Silver.1996.Posing Mathematical problems : an explorasi study. Journal for research in mathematics education Vol.27.No23
Slameto,1998.Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi.Jakarta : Rineka Cipta
Sudjana.1996.Metode Statistik. Bandung. Tarsito
Sunardi,irawan indra.2006.Fisika Bilingual untuk SMA/MA kelas XI. Badung: Yrama Widya
Umar Efrizon.2007. Fisika dan Kecakapan Hidup untuk SMA/MA . Jakarta: Ganeca
Young,Hugh,Freedman.2002.Fisika Universitas Edisi Kesepuluh Jilid 1. Jakarta : Erlangga
Published
2024-06-29
How to Cite
Malan, I. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving terhadap hasil belajar siswa di kelas XI SMA N 3 Halmahera Timur. KUANTUM: Jurnal Pembelajaran Dan Sains Fisika, 5(1), 51-61. https://doi.org/10.5281/zenodo.13119893