Pengaruh Penguasaan Konsep Gaya Pada Benda Elastis Terhadap Kemampuan Peserta Didik Dalam Melakukan Praktikum
Abstract
Penelitiann ini merupakan tipe penelitian yang bersifat korelasi sedangkan desain yang digunakan adalah desain eksperimen.Sampel dalam penelitian ini berjumlah 66 peserta didik yang terbagi di dalam dua kelas, pengumpulan data untuk variabel X menggunakan teknik tes sedangkan untuk variabel Y menggunakan lembar pengamatan keterampilan kompetensi psikomotorik responden. Data kemampuan peserta didik dalam melakukan praktikum di ambil dari hasil pengamatan guru ketika peserta didik melakukan paktikukum dan penguasaan konsep gaya pada benda elastis diambil dari hasil tes yang diberikan. Data hasl penelitian ini di analisis menggunakan statistik uji regresi sederhana namun sebelumnya dilakukan uji persyaratan.
Setelah dianalisis menggunakan uji regresi sederhana diperoleh Y = 19,13 + 0,73X, pengujian persamaan regresi diperoleh Fhit = 42,58 dan Ftab = 1,49 untuk perhitungan kelinieran persamaan regresi diperoleh Fhit = 1,06 dan Ftab = 1,79. Koefisien korelasi diperoleh nilai r = 0,632 sedangkan untuk menguji keberartian koefisien korelasi diperoleh thit = 6,48 dan ttab = 1,98. Hal ini berarti terdapat pengaruh yang positif antara penguasan konsep gaya pada benda elastis terhadap kemampuan peserta didik dalam melakukan praktikum peserta didik.
Downloads
References
Dimyati & Mujiono, 2009. Belajar dan Pembelajaran Edisi Revisi. Jakarta. Rineka Cipta
Djamarah & Zain, 2005. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta. Rineka Cipta
Hasbullah, 2005. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta. Grafindo Persada
Rahman, 2009. Modul Penilaian Hasil Belajar Fisika. Ternate. Tidak diterbitkan
Riduwan, 2006. Dasar-dasar Statistika. Bandung. Alfabeta
Sugiyono. 2009. Statistika Untuk Penelitian. Bandung. Alfabeta.