Pengaruh Penguasaan Konsep Gaya Pada Benda Elastis Terhadap Kemampuan Peserta Didik Dalam Melakukan Praktikum

  • Haryati Mahyudin
Keywords: Penguasaan, Gaya pada benda elastis, Kemampuan peserta didik, Praktikum

Abstract

Penelitiann ini merupakan tipe penelitian yang bersifat korelasi sedangkan desain yang digunakan adalah desain eksperimen.Sampel dalam penelitian ini berjumlah 66 peserta didik yang terbagi di dalam dua kelas, pengumpulan data untuk variabel X menggunakan  teknik tes sedangkan untuk variabel Y menggunakan lembar pengamatan keterampilan kompetensi psikomotorik responden. Data kemampuan peserta didik dalam melakukan praktikum  di ambil dari hasil pengamatan guru ketika peserta didik melakukan paktikukum dan penguasaan konsep gaya pada benda elastis diambil dari hasil tes yang diberikan. Data hasl penelitian ini di analisis menggunakan statistik uji regresi sederhana namun sebelumnya dilakukan uji persyaratan.

Setelah dianalisis menggunakan uji regresi sederhana diperoleh Y = 19,13 + 0,73X, pengujian persamaan regresi diperoleh Fhit = 42,58 dan Ftab = 1,49 untuk perhitungan kelinieran persamaan regresi diperoleh Fhit = 1,06 dan Ftab = 1,79. Koefisien korelasi diperoleh nilai r = 0,632 sedangkan untuk menguji keberartian koefisien korelasi diperoleh thit = 6,48 dan ttab = 1,98. Hal ini berarti terdapat pengaruh yang positif antara penguasan konsep gaya pada benda elastis terhadap  kemampuan peserta didik dalam melakukan praktikum peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, 2006. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara
Dimyati & Mujiono, 2009. Belajar dan Pembelajaran Edisi Revisi. Jakarta. Rineka Cipta
Djamarah & Zain, 2005. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta. Rineka Cipta
Hasbullah, 2005. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta. Grafindo Persada
Rahman, 2009. Modul Penilaian Hasil Belajar Fisika. Ternate. Tidak diterbitkan
Riduwan, 2006. Dasar-dasar Statistika. Bandung. Alfabeta
Sugiyono. 2009. Statistika Untuk Penelitian. Bandung. Alfabeta.
Published
2024-06-29
How to Cite
Mahyudin, H. (2024). Pengaruh Penguasaan Konsep Gaya Pada Benda Elastis Terhadap Kemampuan Peserta Didik Dalam Melakukan Praktikum. KUANTUM: Jurnal Pembelajaran Dan Sains Fisika, 5(1), 62-83. https://doi.org/10.5281/zenodo.13119913