MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SUB TEMA 1 HEWAN DAN TUMBUHAN DILINGKUNGAN RUMAHKU DENGAN MENGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN LINGKUNGAN PADA SISWA KELAS IV MIS MASATAWA KABUPATEN HALMAHERA SELATAN
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Bagaimana upaya meningkatkan hasil belajar IPA (Materi jenis-jenis Lingkungan) dengan memanfaatkan lingkungan alam pada siswa kelas IV Mis Masatawa Kabupaten Halmahera Selatan?”.Penelitian ini bertujuan “Untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV Mis Masatawa Kabupaten Halmahera Selatan dengan menggunakan media lingkungan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Hasil belajar siswa melalui pembelajaran media lingkungan pada siswa kelas IV Mis Masatawa Kabupaten Halmahera Selatan pada siklus I menunjukkan bahwa belum ada siswa yang memperoleh nilai baik sekali. Sedangkan siswa yang mencapai skor dalam kategori baik dengan rentang 80-89 hanya 2 siswa atau 20,8 %. Untuk kategori cukup dengan rentang skor 70-79 dicapai 3 siswa atau 29,2 %. Untuk kategori kurang dengan rentang 60-69 dicapai oleh 2 siswa atau 41,7 %. Dan masih ada siswa yang gagal dengan rentang <59 yaitu sebanyak 2 siswa atau 8,3%. Hasil belajar siswa melalui pembelajaran kooperatif tipe scramble pada siklus II menunjukkan bahwa terjadi peningkatan yang signfikan dimana 2 siswa telah mencapai skor dalam kategori yang baik sekali dengan rentang 90-100 atau 50 %. Untuk kategori baik dengan kategori 80-89 telah dicapai oleh 3 orang siswa atau 37,5%. Sedangkan untuk kategori cukup dengan rentang skor 70-79 dicapai 2 siswa atau 8,3%. Untuk kategori kurang dengan rentang 60-69 dicapai oleh 2 siswa atau 4,2 %, dan kategori gagal dengan rentang < 59 tidak ada siswa yang mencapai nilai tersebut. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan melalui pembelajaran kooperatif tipe scramble dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada Pada Siswa kelas II Mis Masatawa Kabupaten Halmahera Selatan