MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MATERI SUMBER DAYA ALAM MELALUI METODE MIND MAPPING SISWA KELAS IV SD NEGERI HAGER KOTA TIDORE KEPULAUAN
Abstract
Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah menganalisis dan mendeskripsikan proses belajar untuk meningkatkan hasil belajar IPS materi sumber daya alam melalui metode mind mapping siswa kelas IV SD Negeri HagerĀ Kota Tidore Kepulauan dengan menggunakan metode penelitian berupa penelitian tindakan kelas (PTK). Tehnik pengumpulan data mengunakan Observasi dan Tes. Hasil penelitian membuktikan bahwa 1) Pelaksanaan pembelajaran IPS materi sumber daya alam dilakukan dengan efektif, lancar dan tuntas yang terlihat dari keseriusan siswa dalam mengikuti pembelajaran. Mula-mula siswa belum terbiasa dengan metode pembelajaran semacam ini karena siswa baru pertama kalinya mengalami kegiatan pembelajaran dimasud. Ketika perbaikan pembelajaran dilakukan siklus demi siklus, siswa terbiasa dengan kegiatan pembelajaran sehingga merasa berkonsentrasi dalam kegiatan pembelajaran. Anggapan siswa pembelajaran semacam ini menyenangkan sehingga siswa tidak membutuhkan waktu yang lama untuk menyesuaikan dengan susana pembelajaran tersebut. 2) Metode mind mapping dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi sumber daya alam, hal ini terlihat pada hasil belajar mengalami peningkatan sebesar 20,34% yaitu dari prasiklus sebesar 63,83 menjadi 84,17. Tindakan siklus I sebesar 84,17 menjadi 86,17 pada siklus II dengan total peningkatan sebesar 2%. Keberhasilan tersebut dapat dikatakan dariĀ perbandingan pada prasiklus ke siklus I (tingkat kualifikasi baik) dan dari siklus I ke siklus II (tingkat kualifikasi sangat baik)