MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INDEX CARD MATCH (ICM) PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI PECAHAN DI KELAS V SD NEGERI 29 HALMAHERA BARAT
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika Materi Pecahan dengan penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Index Card Match (ICM) pada siswa kelas V SD Negeri 29 Halmahera Barat. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri atas dua siklus dengan prosedur penelitian yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data terdiri atas observasi, wawancara dan tes. Teknik analisis data adalah analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan terhadap hasil belajar siswa pada siklus I pertemuan 1 terdapat peningakatan hasil belajar siswa yaitu dari nilai rata-rata sebelum tindakan 48 menjadi 50,66, kemudian pada pertemuan 2 terdapat peningkatan hasil belajar siswa yaitu dari rata-rata siklus I pertemuan 1 sebesar 50,66 menjadi 57,33. Pada siklus II pertemuan 1 tetap mengalami peningkatan rata-rata yaitu dari nilai rata-rata siklus I pertemuan 2 yaitu 57,33 menjadi 68, dan pada siklus II pertemuan 2 nilai rata-rata semakin meningkat menjadi 84. Dengan kata lain persentase ketuntasan belajar matematika siswa sebelum tindakan sebesar 26,66%, kemudian pada siklus I pertemuan 1 persentase ketuntasa belajar siswa sebesar 33,33% meningkat menjadi 46,66% pada siklus I pertemuan 2. Pada siklus II pertemuan 1 nilai persentase ketuntasan siswa sebesar 60%, sedangkan siklus II pertemuan 2 nilai persentase ketuntasan siswa sebesar 86,66%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran index card match dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam materi pecahan di kelas V SD Negeri 29 Halmahera Barat