MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM MATERI SISTEM PEMERINTAHAN MELALUI PENERAPAN CRITICAL INCIDENT (PENGALAMAN PENTING) PADA SISWA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 2 KOTA TERNATE

  • Tiara Anjelina Akuba
Keywords: Hasil Belajar PKn, Metode Penerapan Critical Incident

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran pendidikan kewarganegaraan (PKN) pkok bahasan system pemerintahan melalui penerapan critical incident (pengalaman penting) pada siswa kelas IV SD Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Kota Ternate, Berdasarkan latar belakang diatas permasalahan yang diteliti dalam penelitian ini adalah bagaimana peningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Madrasah  Ibtidaiyah  Negeri 2  Kota Ternate dengan menggunakan metode penerapan critical incident pokok bahasan system pemrintahan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa di SD Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Kota Ternate adalah (a) Penerapan critical incident dapat meningkatkan motivasi dan keaktifan serha hasil belajar siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri  2 Kota Ternate dalam mata pelajaran pkn system pemerintahan tingkat pusat . (b) Penggunaan media pembelajaran akan membuat kegiatan belajar mengajar lebih menarik.sehingga akan mendorong minat siswa untuk belajar sehingga dapat meningkatkan penguasaan materi pelajaran. Prsentase ketuntasan belajar siswa mengalami peningkatan yang sangat signifikan setelah dilaksanakan perbaikan pembelajaran

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-12-04
How to Cite
Akuba, T. (2023). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM MATERI SISTEM PEMERINTAHAN MELALUI PENERAPAN CRITICAL INCIDENT (PENGALAMAN PENTING) PADA SISWA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 2 KOTA TERNATE. JURNAL PENDAS (Pendidikan Sekolah Dasar), 5(2), 66-76. Retrieved from https://ejurnal.isdikkierahamalut.ac.id/index.php/pendas/article/view/610