MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MATERI MENELADANI SIKAP KEPAHLAWANAN DAN PATRIOTISME DI TOKOH- TOKOH LINGKUNGAN MENGUNAKAN MEDIA ANIMASI PADA SISWA KELAS VI MIN 2 KOTA TERNATE
Abstract
Jenis penilitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) penelitian tindakan kelas. Penilitian dilaksanakan di kelas VI MIN 2 KOTA TERNATE penilitian ini dilaksanakan pada tahun 2023. Subjek penilitian adalah kelas VI MIN 2 KOTA TERNATE berjumlah 20 siswa yang menunjukan nilai rata – rata pada siklus I, 1050 setelah dilakukan perbaikan pada siklus II nilai rata – rata kelas 75,50% atau mengalami kenaikan. Pada siklus I terdapat 10 siswa belum tuntas belajar setelah perbaikan siklus II jumlah siswa yg tuntas bertambah 95% mengalami kenaikan hasil belajar atau terdapat 19 orng yg tuntas jumlah total kelas VI MIN 2 KOTA TERNATE. Pada siklus I siswa yang belum tuntas belajar 50% setelah perbaikan pada siklus II mengalami penurunan jumlah siswa yg belum tuntas sisa 5% atau 1 orng. Berdasarkan analisis data, di ketahui bahwa belajar IPS dengan menggunakan media Animasi dalam materi meneladani sikap kepahlawaanan dan patriotisme di tokoh – tokoh lingkungan. Hal ini dalam tampak dari hasil belajar siswa yang terlihat dalam ketutuntasan belajarnya, jumlah siswa yang tuntas sudah mencapai 19 orang siswa yang tuntas