MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MATERI MENELADANI SIKAP KEPAHLAWANAN DAN PATRIOTISME DI TOKOH- TOKOH LINGKUNGAN MENGUNAKAN MEDIA ANIMASI PADA SISWA KELAS VI MIN 2 KOTA TERNATE

  • FIDIASARI SAPUTRI IDRIS
Keywords: Hasil Belajar IPS, Media Animasi

Abstract

Jenis penilitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) penelitian tindakan kelas. Penilitian dilaksanakan di kelas VI MIN 2 KOTA TERNATE penilitian ini dilaksanakan pada tahun 2023. Subjek penilitian adalah kelas VI MIN 2 KOTA TERNATE berjumlah 20 siswa yang menunjukan nilai rata – rata pada siklus  I, 1050 setelah dilakukan perbaikan pada siklus II nilai rata – rata kelas 75,50% atau mengalami kenaikan. Pada siklus I terdapat 10 siswa belum tuntas belajar setelah perbaikan siklus II jumlah siswa yg tuntas bertambah 95% mengalami kenaikan hasil belajar atau terdapat 19 orng yg tuntas jumlah total kelas VI MIN 2 KOTA TERNATE. Pada siklus I siswa yang belum tuntas belajar 50% setelah perbaikan pada siklus II mengalami penurunan jumlah siswa yg belum tuntas sisa 5% atau 1 orng. Berdasarkan analisis data, di ketahui bahwa belajar IPS dengan menggunakan media Animasi dalam materi meneladani sikap kepahlawaanan dan patriotisme di tokoh – tokoh lingkungan. Hal ini dalam tampak dari hasil belajar siswa yang terlihat dalam ketutuntasan belajarnya, jumlah siswa yang tuntas sudah mencapai 19 orang siswa yang tuntas

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-12-04
How to Cite
IDRIS, F. (2023). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MATERI MENELADANI SIKAP KEPAHLAWANAN DAN PATRIOTISME DI TOKOH- TOKOH LINGKUNGAN MENGUNAKAN MEDIA ANIMASI PADA SISWA KELAS VI MIN 2 KOTA TERNATE. JURNAL PENDAS (Pendidikan Sekolah Dasar), 5(2), 77-86. Retrieved from https://ejurnal.isdikkierahamalut.ac.id/index.php/pendas/article/view/611