MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN MELALUI MEDIA BAKAR SATE PADA ANAK USIA 4 – 5 TAHUN DI PAUD PEMBINA 2 JAMBULA TERNATE
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan anak mengenal lambang bilangan melalui media bakar sate. Penelitian ini menggunakan teknik Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis dan Mc Taggart. Subjek penelitian di pada anak usia 4-5 tahun di Paud Pembina 2 Jambula berjumlah 10 anak yang terdiri 5 anak perempun dan 5 anak laki-laki. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriftif kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan terjadinya peningkatan kemampuan anak mengenal lambang bilangan 1-10 pada setiap indikator amatannya melalui kegiatan bermain dengan metode bakar sate sebelum dilakukan tindakan dan sesudah dilakukan tindakan. Sebelum dialakukan tindakan pada indikator amatan kemampuan anak mengenal lambang bilangan 1-10 adalah 30% pada siklus I meningkat menjadi 50%, selanjutnya pada siklus II meningkat menjadi 80%. Sebelum dialakukan tindakan pada indikator amatan kemampuan anak menunjuk lambang bilangan 1-10 adalah 20%, kemudian pada siklus I meningkat menjadi 40%, selanjutnya pada siklus II meningkat menjadi 80%. Sebelum dialakukan tindakan pada indikator amatan kemampuan anak menghubungkan lambang bilangan 1-10 dengan benda adalah 10%, kemudian pada siklus meningkat menjadi 30%, selanjutnya pada siklus II meningkat menjadi 70%. Pada setiap indikator amatannya sudah memenuhi indicator keberhasilan yang peneliti tetapkan yaitu 70%, sehingga dapat disimpulan melalui media bakar sate dapat meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal lambang bilangan 1-10